Wisata Kyoto

Review singkat tentang wisata ke Kyoto serta tips dan trik perjalanan.

Friday 20 January 2017

Tempat Wisata di Kyoto yang Terkenal

Kyoto merupakan sebuah kota dengan daya tarik turis yang luar biasa, setiap harinya ada ratusan ribu bahkan jutaan turis yang masuk ke kota ini. Icon-nya sebagai kota budaya di Jepang menempatkan Kyoto sebagai destinasi wisata yang paling diburu oleh para turis. Maka kali ini aku akan memberikan informasi tempat wisata di Kyoto yang terkenal.

Salah satu persiapan penting sebelum berangkat ke Kyoto ialah mempersiapkan waktu perjalanan, karena keindahan kota-kota di Jepang dapat dinikmati pada musim-musim khusus, silahkan buka artikel mengenai waktu terbaik untuk wisata ke Kyoto Jepang. Setelah memastikan rencana waktu mengunjungi Kyoto, maka selanjutnya ialah menyusun perjalanan ke tempat wisata yang terkenal di Kyoto. Berikut ini beberapa objek wisata yang terkenal: 

1. Gion, Kota para Geisha

Gion di Kyoto bagian timur merupakan sebuah tempat wisata yang dikenal sebagai kota para geisha. Di tempat ini terdapat banyak sekali tempat minum teh yang eksklusif dengan hiburan seni dan wanita penghibur yang menemani para pengunjung. 

Hanya dengan sekilas mengamati kota ini, kita akan merasakan perbedaanya, arus budaya begitu kental di tempat ini dengan adanya gadis-gadis dengan tampilan busana tradisional Jepang, Kimono, dan wajah yang dilapisi bedak putih seluruhnya. Di distrik Gion, pemandangan seperti ini merupakan hal yang wajar setiap harinya. 

Memasuki tempat ini, anda akan merasakan pesona  Jepang di masa lampau yang sesungguhnya. Sudah pasti ini akan menjadi pengalaman yang unik dan tak terlupakan. 

2. Nishiki Market

Nishiki Market atau pasar Nishiki merupakan sebuah kawasan yang terkenal sebagai "dapurnya Kyoto". Tempat warisan masa lalu ini merupakan pasar dimana kita dapat membeli produk lokal dengan harga yang sangat murah. Salah satu hal yang paling menarik di Nishiki Market ialah beberapa kios menyediakan "gratis sampel" sehingga kita makan gratis produk-produk yang disediakan. 

Selain terkenal sebagai tempat belanja termurah, Nishiki Market juga terkenal sebagai pasar makanan terlengkap. Di tempat ini terdapat jamur matsutake, yang sangat terkenal sebagai jamur paling mahal di seluruh dunia dengan harga 12.500.000/pound atau sekitar 25juta/kg. 

3. The Philosopher's Path

The Philosopher's  Path atau dalam bahasa Jepangnya Tetsugaku No Michi merupakan sebuah jalan kecil yang terbuat dari susunan batu, dengan tampilan pemandangan alam yang indah dan aliran sungai yang asri. Nama Philosopher's Path sendiri diperoleh karena pada awalnya tempat ini merupakan rute perjalanan para professor dan pelajar dari Universitas Kyoto, hingga akhirnya saat ini terkenal sebagai Philosopher's Path

Pemandangan ketika musim semi di tempat ini sangatlah indah. Dengan deretan pohon bunga sakura yang bersemi membuat tempat sangat layak dinikmati keindahannya. Selain momen musim semi musim gugur juga merupakan saat yang indah untuk melalui Philosopher's Path ini. 

4. Kuil Ryoan-ji

Kuil Ryoan-ji merupakan sebuah kuil budha yang terkenal sebagai taman batu. Tempat ini sebenarnya merupakan kuil budha tempat berlatih zen atau seni menenangkan diri. Memasuki lokasi Ryoan-ji kita akan merasakan suasana zen ala Jepang yang sesungguhnya.

Terdapat beberapa batu yang tersusun di dalam satu lokasi. Salah satu hal yang menarik dari susunan 15 batu-batu di tempat ini ialah dari sudut pandang manapun kita berdiri pasti akan ada satu batu yang tertutup dan tidak bisa dilihat. 

5. Kinkaku-Ji

Kuil Kinkaku-ji ialah kuil budha yang sebenarnya bernama Rokuon-ji atau kuil taman rusa, namun lebih terkenal sebagai Kinkaku-ji atau kuil emas. Nama kuil emas sendiri diberikan karena memang tempat ini memiliki dinding dengan lapisan emas setebal 0.5mm. 

Selain terkenal dengan tampilan kuil emas-nya, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu taman paling indah yang bisa dinikmati di kota Kyoto. 

6. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha merupakan sebuah kuil shinto yang  terkenal di Kyoto. Tempat ini terkenal karena adanya ribuan gerbang/gapura berwarna orange. Mengunjungi objek wisata ini, kita akan berjalan mendaki dengan melewati gapura orange hingga ke puncak. 

Di beberapa titik dari fushimi inari terdapat tempat peribadahan agama shinto (walaupun sering juga orang budha yang datang). Berkunjung ke tempat ini merupakan sebuah pengalaman yang menarik sekaligus tak terlupakan. Ribuan gapura yang berjajar rapi menjadi spot foto yang sangat unik. 

7. Kiyomizudera

Kiyomizu-dera di Kyoto dalam bahasa Jepang, memiliki arti "Kuil Air Murni". Tempat ini merupakan kuil terbesar di Jepang yang sangat terkenal. Memasuki tempat ini kita akan merasakan betapa berjayanya kebudayaan budha dalam sejarah Jepang. 

Dalam perjalanan di Kiyomizudera ini kita akan melalui sumber air murni otowa dengan tiga sumbernya yang setiap sumber memiliki khasiat yang spesifik. Tiga khasiatnya ialah panjang umur, sukses dalam belajar/sekolah dan yang terakhir mencapai kebahagiaan dalam urusan cinta. 


Itulah beberapa tempat wisata di kyoto yang terkenal. Salah satu Tips berkunjung ke tempat wisata ini ialah datang lebih pagi agar pengunjung tidak terlalu padat. Selain tempat-tempat terkenal tersebut, disekitarnya selalu terdapat tempat wisata unik yang layak dikunjungi, silahkan bereksplorasi. 

Back To Top