Wisata Kyoto

Review singkat tentang wisata ke Kyoto serta tips dan trik perjalanan.

Sunday 5 February 2017

Kuil Kiyomizu-dera - Tempat Wisata Kyoto Jepang

Kuil Kiyomizu-dera pastinya telah menjadi salah satu icon paling ternama bagi kota Kyoto. Kuil ini menjadi salah satu tempat wisata wajib di Kyoto. Kuil megah ini bisa mewakili betapa besarnya pengaruh kebudayaan budha di masyarakat Jepang.

Karena tempat ini sangat terkenal maka mungkin sahabat traveller akan berdesak-desakan untuk bisa masuk ke dalam ketika moment liburan, apalagi ketika musim gugur.
kiyomizu dera kyoto

Kiyomizu-dera di Kyoto merupakan tempat yang saat ini sangat jauh dari kebiasaan kuil-kuil budha lainnya, kuil ini ramai disesaki pengunjung, komersial untuk tiket masuknya, juga komersial untuk ramalan keberuntungan. Sangat tidak menyerupai kuil ajaran budha. Tetapi ini merupakan sebuah tempat yang sangat layak dikunjungi.

Sejarah Kiyomizu-dera Kyoto

Kiyomizu-dera jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti "Kuil Air Murni". Kuil ini didirikan pada tahun 780 di lokasi air terjun Otowa, daerah hutan lereng di timur kota Kyoto.

Pada tahun 1994 tempat wisata ini dinobatkan sebagai UNESCO world heritage sites. Kuil ini terdiri dari beberapa bangunan yang telah mengalami pemugaran sejak tahun 2008.

Keindahan Kiyomizu-dera Kyoto

Keindahan kuil ini dapat disaksikan pada saat autum/musim gugur dimana dedaunan momiji yang jumlahnya banyak berubah warnanya menjadi orange dan merah, kemudian pada saat sakura mekar (chery blossoms).

Pada saat autum dan cherry blossoms biasanya terdapat light up atau dinyalakannya lampu untuk menyinari kuil kemudian dipadu dengan background mreah hitam oleh pepohonan momiji dan langit malam. Ini merupakan salah satu puncak keindahan kuil ini.

Legenda Keberuntungan di Kiyomizu-dera Kyoto

Di bagian belakang dari Kiyomizudera terdapat Kuil Jishu, sebuah kuil yang dipersembahkan untuk dewa cinta dan perjodohan. Di depan kuil terdapat dua batu yang terpisah sekitar 18meter. Dalam legenda jika kita dapat mencapai batu kedua dari posisi batu pertama dengan mata tertutup, maka kehidupan cinta kita akan beruntung/bagus.

Air terjun Otowa yang terletak di bagian bawah, ditemui sebelum keluar dari lokasi Kuil Kiyomizu-dera, memiliki tiga pancuran.

Ketiga pancuran ini diyakini memiliki kemampuan membawa keberuntungan bagi yang meminum airnya. Pancuran pertama membuat panjang umur, yang kedua memberikan kesuksesan dalam pendidikan sedangkan yang terakhir memberikan keberuntungan dalam urusan perjodohan.  Dan uniknya meminum ketiga pancuran bersamaan dianggap sebagai rakus dan tidak dianjurkan.

Informasi Tentang Kiyomizu-dera

Alamat

English: 1-294 Kiyomizu, Higashiyama-ku
Japan: 東山区清水1-294

Tiket Masuk

Dewasa: ¥300
Anak-anak: ¥200

Transportasi Terdekat

10 menit perjalanan dari Gojo-zaka atau dari Kiyomizu-michi bus stop, nomor bus 100 atau 206 dari Stasiun Kyoto.

Telp & Website:

551-1234
Kiyomizu-dera

Nonsmoking area seluruhnya.

Jika mengunjungi tempat ini, rencanakanlah dengan baik, silahkan simak artikel waktu terbaik mengunjungi Kyoto. Jangan lupa juga untuk melihat tempat wisata di Kyoto yang terkenal.

Back To Top