Wisata Kyoto

Review singkat tentang wisata ke Kyoto serta tips dan trik perjalanan.

Wednesday 8 March 2017

Wisata Gratis di Kyoto

Kyoto merupakan salah satu surganya wisatawan asing, karena kota ini menyimpan banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik. Disini tak hanya tempat wisata yang terkenal di Kyoto saja yang layak untuk dikunjungi, tetapi juga wisata gratis di Kyoto yang harus sahabat traveller coba. Berikut ini beberapa wisata gratis di Kyoto yang layak dikunjungi:

Ingat walaupun tempat-tempat ini gratis, namun sebaiknya juga mempertimbangkan biaya akses menuju ke lokasi. Silahkan cek rute terdekat dari penginapan sahabat traveller menuju ke tempat-tempat ini:

1. Mengunjungi Nishiki Market

Pasar Nisiki ini sudah sangat terkenal di Jepang, bahkan di dunia. Tempat ini dikenal sebagai "dapurnya Kyoto" karena menyimpan berbagai macam makanan. Hampir semua jenis makanan Jepang ada di tempat ini.

Dengan jumlah lebih dari seratus toko makanan, tempat ini akan membuat kita lapar dan ingin mencoba semuanya. Beragam makanan tersedia disini, mulai dari acar khas Jepang, permen, kue-kue Jepang, makanan kering, makanan siap saji, sushi dan beragam makanan segar lainnya ada disini.

Oh ya, aku bilang gratis yah tadi? Oke, ini dia gratisnya! Kalau sudah berada di tempat ini, berkunjunglah ke Daimaru Departement Store, tempat wisata belanja di Kyoto ini memiliki banyak toko yang memberikan sample gratis kepada setiap pengunjung. Ya! Setiap pengunjung termasuk sahabat traveller! Bahkan jika benar-benar ingin, kita bisa kenyang dengan makanan sample jika berkeliling di seluruh tempat ini. Ingat Nishiki Market di Kyoto harus menjadi salah satu tujuan perjalanan sahabat traveller.

2. Mengunjungi Imperial Palace di Kyoto Gosho

Bagi para penggemar budaya Jepang, terutama yang ada pada kisah-kisah samurai pada era monarki masa lalu, tempat ini tak boleh dilewatkan. Kyoto Imperial Palace adalah kediaman keluarga kerajaan Jepang hingga tahun 1868, ini sebelum perpindahan ibu kota Jepang dari Kyoto ke Tokyo.

Selain berkunjung, tempat ini menyediakan tour guide yang akan memberikan gambaran tentang sejarah, budaya dan juga cerita dari keluarga kerajaan Jepang pada masa lampau. Dan yah, seperti judul pada postingan ini, seluruh perjalanan di dalam dan tour guide-nya gratis, tidak perlu biaya sepeserpun.

Selain tour gratis di kediaman keluarga Kaisar, di tempat ini kita juga bisa menikmati taman yang indah. Taman ini merupakan salah satu tempat yang terbaik untuk melihat sakura di Kyoto. Tapi jangan heran kalau sahabat traveller datang sendirian akan menjadi hal yang aneh karena kebanyakan yang datang ialah berpasangan. XD

3. Melihat Maiko dan Geisha di Gion

Salah satu daerah di Kyoto yang paling terkenal ialah distrik Gion. Tempat ini terkenal karena hiburan malamnya dan banyaknya Maiko dan Geisha yang ada di jalan-jalan Gion.

Jangan berfikiran negatif dulu jika mendengar tentang Maiko dan Geisha, sebab di Jepang ini merupakan bagian dari budaya dan mereka berpenampilan sopan dan tradisional. Jadi apa salahnya memotret mereka yang kebetulan berjalan ke dalam rumah teh (tea house) ataupun ke kafe-kafe kecil disekitar Gion?

Tentu saja ini adalah tempat terbuka yang gratis dikunjungi siapa saja. Berjalan di Distrik Gion ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik karena bisa merasakan suasana yang 'Jepang Banget'. Selagi ada waktu, sempatkan mampir ke tempat ini.

4. Kuil Hirano

Kuil ini dibangun pada 794 ketika ibu kota Jepang pertama kali dipindahkan ke Kyoto, jadi tempat ini merupakan salah satu kuil paling bersejarah di Kyoto. Selain nilai historisnya yang tinggi, kuil Hirano ini terkenal dengan bunga sakuranya yang indah dan lebat, sangat memanjakan mata. Kuil ini memiliki kedekatan dengan keluarga kaisar pada masa lalu.

Masuk ke tempat bersejarah ini tidak dipungut biaya alias gratis, maka dari itu jika waktunya mengizinkan, sempatkan mampir ke tempat ini, walaupun tidak seterkenal Kinkaku-Ji atau Kiyomizu-dera tetapi setidaknya nilai historis didalamnya layak untuk dipertimbangkan.

5. Kuil Daikaku-ji

Salah satu kuil yang tidak mendapat sorotan oleh para turis asing ialah Daikaku-ji. Tempat ini menyimpan pesona keindahan alam yang dikombinasikan dengan bangunan kuil khas Jepang. Untuk sahabat traveller yang ingin merasakan ketenangan dan jauh dari keramaian, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Dengan adanya danau di bagian depan kyil membuat lokasinya tampak sempurna untuk menenangkan diri dari keramaian kota.

Sayangnya akses menuju ke tempat ini masih agak sulit, terutama jika menggunakan transportasi umum, karena lokasinya terletak di pinggiran kota Kyoto. Aslinya ini adalah kuil sekte  Shingon dari kepercayaan Budha.

6. Philosoper Path

Jika sahabat traveller berkunjung pada bulan-bulan Maret akhir ataupun awal April, maka tempat ini tak boleh dilewatkan. Ada kerumunan pohon sakura yang berjajar rapi di kanan dan kiri kanal di Kyoto Philosoper Path.

Tempat ini sangat terkenal di Kyoto, terutama sebagai salah satu destinasi Hanami (piknik melihat sakura). Oleh karena itu saranku cuma satu, jangan lupa bawa kamera! Oleh karena tempat ini gratisan dan terkenal, maka cari waktu tepat mengunjunginya, baca lagi tentang tips wisata ke kyoto.

7. Kuil Higashi Honganji dan Nishi Honganji

Tempat ini bisa jadi yang paling mudah di akses dari semua tempat gratisan yang ada karena lokasinya dekat dengan Stasiun Kyoto. Walaupun gratis namun tempat ini menyimpan keindahan dan kedamaian khas kuil yang bisa sahabat traveller rasakan ditengah kota Kyoto.

Mampir sejenak ditengah penuhnya jadwal perjalanan yang harus ditempuh mungkin mejadi pilihan yang bijak. Kuil Honganji berukuran sangat besar dan memiliki sejarah 2500 tahun lamanya.

Yap, itulah 7 tempat wisata gratis di Kyoto yang bisa sahabat traveller kunjungi. Sebentar lagi musim sakura, yuk ramai-ramai berlibur ke Kyoto.

Selamat Berlibur!

Back To Top